Monday, March 28, 2016

Error 1045 when ssh tunneling centos with sqlyog


Kebetulan di kantor ada software yang menggunakan centos adalah sebagai server, mariadb adalah sebagai database dan sqlyog adalah  sebagai alat bantu mengelola databasenya. Saya mendapat satu paket installer beserta tutorial installasinya.

Meski belum pernah diajari cara installasinya, saya mencoba install sendiri untuk mengisi kekosongan waktu meskipun saya awam terhadap centos. Didalam tutorial cukup jelas di informasikan cara-cara instalasinya.
mulai dari install centos
Dalam tutorial tersebut dijelaskan pengaturan ethernet dapat dilakukan sebelum atau sesudah installasi, namun dalam prakteknya saya mendapati permasalahan apabila ethernet di atur setelah instalasi.
Kemudian mengenai pembuatan passwor root, dijelaskan password harus dibuat sampai kata "weak" berubah. karena bila menggunakan password weak, centos akan berubah menjadi client.
Setelah selesai installasi dan setting firewall ssh, tibalah saatnya menghubungkan sqlyog dengan centos melalui ssh tunneling. pada saat ssh tunneling saya mendapati error 1045 yang ternyata penyalesaiannya sederhada yaitu dengan mengisi kolom mysql host addres menjadi "localhost" kemudian user di isi user mariadb pada centos yakni "root" jika anda belum rubah, kemudian passwor adalah passwor adalah passwor mariadb pada centos.