Saturday, March 19, 2016

Mikrotik error if connected to access point

Saya pernah mengalami permasalahan mengenai mikrotik di kantor saya, padahal saya tidak mengerti mikrotik dan jaringan. Yaitu apabila mikrotik langsung disambung ke komputer, maka ip, hotspot login dan lainnya berjalan dengan normal, namun setelah disambung kelan yang salahsatunya terhubung ke wifi ap maka ip dari mikrotik akan berubah dan otomatis hotspot login pun tidak berfungsi, apalagi internetan.

Usut punya usut dan setelah mengalami trial error, ternyata untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan
1. mereset ap ke settingan awal (Harus dilakukan, karena tidak bisa dengan hanya mengedit settingan ap)
2. hubungkan komputer anda ke ap
3. sesuaikan ip komputer dengan ap
4. login ke ap
5. Matikan dhcp server dari ap
6. Silahkan rubah nama wifi dan securitynya

note:
pastikan mikrotik tercolok di slot lan, bukan wan

Dalam hal ini saya menggunakan ap tp link, namun settingan ini saya kira dapat diterapkan di ap merk lain.