Thursday, July 11, 2013

NAPHTHALENE (C10H8) Adalah

Naphthalene (C10H8) adalah senyawa kristal putih berasal dari bahan bakar motor dan pelumas.Atom karbon yang berdekatan dengan dua cincin disebut atom karbon dan yang lain disebut atom karbon . Atom karbon yang terletak diantara dua ring tidak mempunyai hidrogen yang berdempetan dengannya.

Kapur barus mengandung bahan aktif Naphthalene atau Paradichlorobenzene. Bahan kimia ini juga terdapat dalam pewangi kamar mandi (toilet bowl deodorizer). Kedua bahan kimia tersebut mengeluarkan bau yang kuat dan sulit untuk menghilangkannya.
Satu butir kapur barus umumnya mengandung 250-500 mg naphthalene. Dan jumlah tersebut bagi seseorang yang mengidap kelainan/penyakit kekurangan enzim glukos-6-fosfat dehidrogenase (G-6-PD deficiency), naphthalene dapat menyebabkan hemolisis (pecahnya sel darah merah). Tertelan 1-2 gram naphthalene dapat menyebabkan letargi (tubuh menjadi lemah) dan kejang-kejang. Paradichlorobenzene memiliki toksisitas yang lebih rendah bila dibandingkan dengan naphthalene. Bila tertelan paradichlorobenzene hingga 20 gram, padaorang dewasa, masih dapat ditoleransi oleh tubuh.